Langsung ke konten utama

Target dalam Pembuatan Karya Ilmiah

Lagi mau bikin karya ilmiah ? Karya Tulis Ilmiah (KTI) lebih tepatnya, apalagi kalau datanya dari eksperimen-eksperimen dan kegiatan di laboratorium. Terus bikin KTI buat apaan ? ngisi waktu luang ? buang-buang waktu ? buang-buang duit buat beli reagen ? atau cuma sekedar nyari pengalaman dan ilmu dalam penulisan KTI dimana strukturnya mirip dengan skripsi. Hehe sebenernya masih jauh sama skripsi, jadi yang ngerasa KTI nya udah mirip skripsi mending ke perpus kampus dan liat skripsi beneran. Tapi gapapa !! kalau udah bisa bikin KTI apalagi jago dalam menjalankan ms. word, dijamin entar kuliah ga kesulitan dalam membuat makalah, laporan ataupun proposal penelitian dan skripsi.

Then, sebenernya target apa yang kita bidik ketika sebelum, saat dan setelah membuat KTI atau melakukan sebuah penelitian. Lomba !!

Tapi.. kebanyakan pelajar SMA cuma tau KTI itu buat lomba. ternyata engga lho. Saya sendiri sebelum ke LKIR ( baca LKIR  ) dan Internasionalnya lomba penelitian (cie) target saya bukan itu semua !! tapi target saya adalah seminar.

Lah, seminar kok pake penelitian ? yaiyalah, untuk jadi pemakalah yang ngeramein, maksudnya yang bikin seminar itu jalan ya kudu di seleksi. Proses seleksi pertama ini melalui sebuah abstrak dimana jika sudah terseleksi, si calon pemakalah ini kudu submit full papernya

Nah target saya ketika mau penelitian itu ini


dapet infonya dari kaskus dan itu sebelum saya mendapatkan inspirasi penelitian abu vulkanik. Inspirasinya baca di Sumber Inspirasi Penelitian Abu Vulkanik

Setelah dapat inspirasi abu vulkanik, langsung lah saya mencoba penelitian ini dan mencari target, dan target saya yang pertama adalah seminar, bukan LKIR. karena seminar ini deadlinenya yang paling dekat

lalu saya mencari yang namanya Dr. Pranoto di prodi kimia UNS dan meminta bimbingan beliau. Nah ini pengalaman berharga saya dalam penulisan LKTI. Abstrak !! saya dimarahin sama beliau karena abstrak tidak memuat apa yang seharusnya

Ini abstrak pertama saya (penelitian farmasi gapake abstrak dan saya kena getahnya, ceritanya lain kali habis ini) Abstrak seminar nasional

Tapi alhamdulillah.. lolos jadi peserta pemakalah dan satu satunya siswa SMA yah meskipun saya presentasi poster dan bukan oral (mungkin karena substansi abstrak) !! nih kalau ga percaya


No Pic = HOAX
Tambah semangat nih ketika tau ternyata lolos. Akhirnya paper pun selesai, saya upload juga nih https://drive.google.com/file/d/0B1uTBkadn1I8RHR0d1d1RGEtY1k/view?usp=sharing
nah yang ini abstraknya baru bener. Setelah upload full paper saya kaget ditelfon panitia dan diberi tawaran presentasi oral, ya saya mau aja

Gambar : Semianrnya di Hotel loh


Nah untuk ikut seminar ini kurang lebih habis 1 juta sendiri. Biaya ikutnya aja 300 ribuan, belum prosiding. Prosiding ini kumpulan paper hasil seminar.


Gambar : hoek

Penasaran sama suasana seminarnya ? saya gaada fotonya, tapi ini ada gambar mejanya




Komentar

Popular Posts

Kumpulan Karya Ilmiah dan Essay #3

Cara Legal Download Jurnal Elsevier dengan Akun Email Universitas

Santos Ltd: Perusahaan Multinasional yang Menyokong Kebutuhan Gas di Indonesia